Semboyan Gerakan 3A

  • Jun 08, 2022

Semboyan Gerakan 3A. Namun nyatanya, semboyan 3a ini hanya berumur beberapa bulan saja karena dianggap tidak menguntungkan bagi pihak jepang. Gerakan 3a pada bulan april 1942 jepang membentuk gerakan rakyat yang bernama ”gerakan 3a”.

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerakan 3a Dan Apa Tujuannya
Apa Yang Dimaksud Dengan Gerakan 3a Dan Apa Tujuannya from dalamtujuan.blogspot.com

Propaganda “gerakan tiga a” tidak bertahan lama, karena kurang mendapat simpati dari masyarakat indonesia. Gerakan 3a merupakan gerakan propaganda yang terjadi pada masa penjajahan jepang di indonesia. Gerakan 3a termasuk pada organisasi.

Didirikan Pada Tahun 1942 Oleh Shimizu Hitoshi Dengan Maksud Menjadi Wadah Warga Nusantara Agar Bisa Bekerja Sama Dengan Jepang, Gerakan Ini Diketuai Oleh Mr.

Nippon yang dimaksud adalah jepang, yang saat itu berambisi menguasai seluruh wilayah di asia pasifik. Tujuan gerakan 3a adalah untuk memperkuat propaganda jepang, sehingga dapat menarik simpati dan kepercayaan rakyat indonesia. Propaganda ini tidak berhasil, sehingga gerakan 3a dibubarkan pada september 1942.

Gerakan 3A Merupakan Gerakan Propaganda Yang Terjadi Pada Masa Penjajahan Jepang Di Indonesia.

Gerakan 3a termasuk pada organisasi. Tujuan, pendiri, sejarah dan latar belakang. Semboyan gerakan 3a yaitu “nippon cahaya asia”, “nippon pelindung asia”, dan “nippon pemimpin asia”.

Isi Dari Gerakan 3A Yakni:

Perlu sobat tahu, pergerakan nasional pada masa […] Semboyan atau gerakan 3a ini merupakan salah satu propaganda oleh jepang untuk mendapatkan simpati dari rakyat indonesia. Pada saat itu, jepang gencar.

Gerakan 3A Ini Dibuat Oleh Pemerintah Pendudukan Jepang Karena Sekutu Pada Waktu Memiliki Kekuatan Militer Yang Luar Biasa.

Dengan ulet dan penuh semangat, jepang mempropagandakan gerakan. Jepang (nippon) cahaya asia, jepang (nippon) pelindung asia, dan jepang (nippon) pemimpin asia semboyan ini dipakai oleh jepang untuk mendekati para tokoh nasionalis indonesia. Gerakan tiga a sendiri memiliki 3 arti, yakni jepang pelindung asia, jepang pemimpin asia dan jepang cahaya asia.

Semboyan Gerakan 3A Yaitu “Nippon Cahaya Asia”, “Nippon Pelindung Asia”, Dan “Nippon Pemimpin Asia”.

Alasannya karena gerakan 3a bukan gerakan kebangsaan, dan hanya sebuah gerakan. Itulah tadi jawaban dari semboyan gerakan 3a, semoga membantu. Perlu sobat tahu, pergerakan nasional pada masa penjajahan jepang dibagi menjadi tiga, yaitu perjuangan bersenjata, perjuangan bawah tanah serta organisasi buatan jepang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.