Rumah Adat Ambon

  • Jun 13, 2022

Rumah Adat Ambon. Baileo memiliki arti penting dalam eksistensi suku huaulu. Rumah baileo berupa panggung yang dikelilingi oleh serambi.

Rumah Adat Maluku
Rumah Adat Maluku from ruangarsitek.id

Rumah adat sasak terdapat dua jenis yakni bale tani dan lumbung. Keunikan rumаh adat bаіlео / rumаh adat suku ambon mаluku utara adalah : Rumah adat baileo sendiri merupakan milik suku huaulu, penduduk asli pulau seram, ambon.

Provinsi Kota Ambon Ini Kemudian Memiliki Rumah Adat Yang Cukup Dikenal Karena Fungsi Dan Keunikannya.

Daftar fam ambon, daftar fam yang digunakan di belakang nama pemberian oleh masyarakat suku ambon. Pada menakjubkan 21 gambar rumah adat ambon 83 dengan tambahan ide dekorasi rumah oleh 21 gambar rumah adat ambon, setidaknya dapat memberikan gambaran terbaik dalam desain rumah yang anda harapkan saat ini. Kata baileo ini diambil dari bahasa indonesia yakni balai.

Nah, Dari Penjelasan Rumah Adat Itu, Anda Tentu Semakin Yakin Jika Rumah Adat Ini Adalah Sebuah Rumah Adat Yang Memiliki Makna Yang Sangat Filosofis Dan Tentunya Erat Hubungannya Dengan Keberadaan Marga Di Suku Ambon.

Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi. Istilah yang lebih kerennya, tempat para leluhur yang sudah meninggal ada di nirwana, jauh di atas langit. Bangunan rumah adat ini sudah dibangun sejak 600 tahun yang lalu, dan baru diresmikan sebagai rumah adat dari maluku pada tahun 2007 lalu.

Hal Itu Bukan Saja Karena Baileo Berfungsi Sebagai Tempat Berkumpulnya Warga Untuk Membahas Berbagai Masalah, Tapi Juga Sebagai Tempat Mereka Membicarakan Strategi Perang.

Sama halnya dengan rumah adat suku jambi, rumah baileo ini juga berbentuk. Baileo dalam bahasa ambon yang berarti balai adalah perwujudan dari budaya suku ambon yang menjunjung tinggi adat istiadat serta musyawarah dalam memutuskan sesuatu. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi.

Indonesia Sebagai Negara Yang Memiliki Banyak Suku Dan Budaya, Tentu Sangatlah Bangga Memiliki Suku Ambon.

Rumah baileo berupa panggung yang dikelilingi oleh serambi. Rumah adat ambon baileo haria ini merupakan sebuah bangunan yang berbentuk rumah panggung terbuat dari kayu atap nya dari daun sagu lantainya dibuat dari papan. Rumah tersebut biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan,rapat dan upacara adat yang disebut seniri negeri.

Rumah Adat Suku Ambon Dinamakan Baileo, Dipakai Untuk Tempat Pertemuan, Musyawarah Dan Upacara Adat Yang Disebut Seniri Negeri.

Rumah adat ambon ini adalah tempat upacara adat dan masih dilaksanakan sampai dengan saat ini, beberapa upacara adat tersebut antara lain, pelantikan kepala desa, upacara panas pela, upacara tutup baileo serta upacara kain berkat. Yang membuat rumah baileo unik adalah bahan yang digunakan untuk bangunannya. Atapnya besar dan tinggi, terbuat dari daun rumbia dan dindingnya terbuat dari batang rumbia yang disebut gabagaba.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.