Your Basic Skin Regimen

Laki-laki merawat kulit wajah bukan lagi hal yang aneh. Laki-laki yang tinggal di kota metropolitan WAJIB merawat kulit mereka.

Well, pertimbangannya cukup jelas. Kita bekerja dalam waktu yang panjang, Senin hingga Jumat. Melewati semua polusi saat berangkat kerja maupun pulang ke rumah. Semua membawa stress yang pasti juga berdampak pada kondisi kulit wajah. Bukan tidak mungkin, dengan semua beban yang menemani hidup kita sehari-hari, kulit bisa menjadi tua sebelum waktunya. Apalagi dengan pola makan yang nggak bener – yang selalu menjadi musuh bagi kita, laki-laki kota besar.

Perawatan kulit adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap hari. Bila dipikir-pikir lagi, dengan semua beban yang tadi diutarakan, nggak heran juga perawatan kulit orang modern itu memiliki beberapa tahapan. Kami akan rangkum menjadi langkah-langkah paling utama, perawatan paling dasar. Lakukan perawatan kulit wajahmu, sesuai urutan di bawah ini:

  • Cleansing. Membersihkan muka dengan pembersih muka yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Pembersih wajah biasanya berbentuk busa. Sementara pembersih muka untuk scrubbing memiliki tekstur biji-bijian yang berguna untuk menggosok kulit mati.
  • Scrubbing atau exfoliating. Membersihkan muka dengan scrub, untuk membuang kulit mati dan mencegah komedo. Lakukan paling tidak 3 kali dalam seminggu. Scrubbing sebagai alternatif dari mencuci muka biasa. Hindari daerah mata saat melakukan srubbing. Dan juga bisa dilakukan sebelum bercukur. Scrubbing akan membuat rambut-rambut di wajah jadi lebih mudah dicukur.
  • Toning. Ini sebenarnya pilihan. Bisa kamu lakukan atau tidak. Menggunakan toner menjadi langkah terakhir pembersihan setelah cleansing dan scrubbing tadi. Cukup mengejutkan bahwa dengan memakai toner kita masih bisa menemukan kotoran di wajah, bahkan setelah scrubbing.
  • Moisturizing. Kulit wajah yang stress bisa berujung hilangnya kelembaban. Apalagi setiap hari berjuang untuk mempertahankan kadar air di kulit wajah, berperang melawan polusi. Kelembaban yang berkurang di wajah, tentu membuat kulit kering dan gampang berkeriput. Pilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu, untuk selalu menjaga kondisi kandungan air di wajah. Bila mungkin, cari pelembab dengan SPF 15 supaya bisa digunakan saat siang hari.
  • Night cream. Pada dasarnya, krim malam ini berfungsi seperti pelembab. Di malam hari, saat kulit wajah bisa beristirahat – tidak sedang melawan pendingin ruangan, polusi, radiasi komputer dan entah apa lagi – itulah saat paling tepat untuk melakukan perawatan. Memperbaiki kulit selagi tidur, sehingga saat kita bangun esok hari kondisi bisa lebih segar.
  • Eye roll on atau krim mata. Sekarang sudah banyak produk perawatan wajah untuk laki-laki yang merilis produk untuk perawatan satu ini. Untuk apa mengenakan eye roll on atau krim mata? untuk kantung mata, lingkaran hitam di mata sampai mata sembab karena terlalu banyak pesta di akhir pekan. Kalau nggak terlalu sibuk, di akhir pekan kamu bisa meletakkan potongan timun dan kantung teh bekas di matamu. Sangat membantu untuk menyegarkan kedua mata yang sudah lelah sepanjang minggu.

Well, intinya kamu merawat wajah bukan supaya (hanya) terlihat lebih tampan dan segar (itu cuma bonus). Bukan juga karena kegatelan. Kamu merawat wajah supaya efek jangka panjangnya bisa kamu rasakan. Tidak cepat berkeriput dan wajah juga selalu segar untuk aktifitas sehari-hari. Itu lebih penting.