The Summer Shirts

Tinggal di negara tropis, pilihan outfit yang bisa dipakai begitu terbatas. Cuaca gerah pertengahan tahun adalah tema dominan yang menjadi masalah sehari-hari. Dan sering, kita berhenti di tee shirt atau kaos untuk mewujudkan gaya yang lebih santai – summer appropriate. Bagaimana dengan ke kantor? Kecuali bekerja di industri kreatif, tee shirt justru bisa jadi seragam harian.

Saat berbicara tentang summer shirts, kemeja musim panas, mungkin kita tak akan terlalu awam. Kemeja ya kemeja, apalagi itu kemeja musim panas? Singkatnya, mereka adalah kemeja trendy yang membawa semangat musim panas saat dipakai. Musim panas, tengah tahun yang penuh sinar matahari, identik dengan warna-warna cerah, potongan kasual, dan aksen retro yang justru klasik. Ada beberapa jenis kemeja yang membawa semangat ini, dan bisa dipadu-padankan ke dalam personal style-mu sehari-hari.

Yang sedang IN adalah bowling shirt. Sesuai namanya, bowling shirt mengambil referensi dari outfit bermain bowling di era 50-an yang funky, penuh warna, dan seru. Terlihat dari detail kerah yang terbuka dan sedikit berbeda dari kemeja lainnya. Model kerah ini kemudian ikut mempengaruhi trend pajama shirt yang ikut berkembang beberapa musim terakhir. Sesuai namanya, pajama shirt terinspirasi dari model baju piyama sepasang itu. Siapa sangka, kemeja bergaya piyama saat dipakai dengan celana seperti apapun mampu menghasilkan gaya kasual yang bernuansa retro, tapi juga stylish.

Ada pula kemeja bergaya safari. Again, sesuai namanya, model kemeja satu ini terinspirasi dari outfit safari (petualangan alam terbuka yang mengingatkan kita pada padang rumput luas, Afrika, berburu, dan lainnya). Dengan detail kantong-kantong di bagian depan, kadang bahkan punya detail tambahan di bagian pundak. Untuk semangat safari yang total, cari kemeja model ini dalam warna-warna khas petualangan safari, seperti hijau army, khaki, cream, biru navy, atau abu-abu yang kalem.

Berikutnya, seleksi klasik seperti kemeja putih berbahan katun atau linen yang nyaman, motif garis yang klasik (baik warna atau tidak), juga tropical print shirt seperti kemeja Hawaii yang bertaburan warna-warna terang, motif seru seperti flamingo, daun, dan banyak lagi.

Intinya, ada batas untuk memakai kaos yang nyaman itu. Saat kita perlu bergaya sedikit rapi, maka pilihan kemeja yang nyaman tapi juga punya style statement seperti ini bisa dilirik.